Sabtu, 05 Februari 2011

HIDUP SEHAT DENGAN SAYUR DAN BUAH

Dunia kesehatan telah menyarankan betapa pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah. Bagaimana dengan peran ibu untuk membiasakan anak mau mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Terlebih lagi bagi anak-anak yang susah untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Tak heran, banyak ibu yang mengeluh anak-anaknya susah makan kalau disuruh makan sayur dan buah. Memang hal ini memerlukan trik dan tips khusus untuk menghadapi anak yang sulit makan. Bagi ibu yang bekerja tentunya mempunyai sedikit waktu untuk mengawasi anak-anak untuk selalu makan buah dan sayur. Dalam kasus ini, pada hari libur bisa dimanfaatkan para ibu untuk mendisiplinkan anak mau konsumsi sayur dan buah.

Walaupun sangat banyak suplemen makanan yang dijual di pasaran namun tetap ada kendala untuk membiasakan anak makan sayur dan buah. Tentu saja mengingat fungsi sayur dan buah yang banyak mengandung serat yang berguna bagi kesehatan. Jangan sampai putus asa jika menghadapi suasana
yang tidak mendukung pada saat menerapkan upaya agar anak mau makan sayur dan buah.Pasti ada saja kendala yang muncul bagaimanapun usaha yang telah dilakukan.

Beberapa tips yang perlu untuk dicoba adalah:

  1. Sediakan selalu buah-buahan di rumah setiap hari. Usahakan untuk membeli jenis buah-buahan yang berbeda-beda setiap harinya. Buah yang mudah di dapat di sekitar rumah, murah meriah dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan. Sebut saja buah pisang, jenis pisang saja bernacam-macam.Hal ini sudah variatif untuk disediakan di rumah.
  2. Selipkan sayuran walaupun sedikit dalam menu masakan anak. Tentunya untuk selanjutnya dapat ditambahkan porsinya sedikit demi sedikit agar anak tidak kaget atau komplain.
  3. Seandainya harus makan di luar usahakan untuk memilih menu makan sehat yang bahannya dari sayur dan menyediakan buah untuk cuci mulut.
Mungkin tips ini terlalu sederhana namun bila dibiasakan maka tidak terasa anak-anak terbiasa makan sayur  dan buah.Jangan putus asa dan terus dicoba pasti berhasil

Untuk para ibu juga bisa mendapatkan tips tentang pensiun di hari tua. Semoga bisa menjadi inspirasi ya!!
Ataupun tips-tips lainnya bagi ibu yang ingin mewujudkan impian indah bagi keluarga.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.