Sabtu, 26 Februari 2011

TIPS CARA CEPAT MENANGANI SAKIT ANYANG-ANYANGAN (INFEKSI SALURAN KEMIH)

Siapa yang belum pernah mengalami sakit anyang-anyangan? Tentunya  setiap orang kemungkinan besar sudah pernah mengalami yang namanya sakit anyang-anyangan atau istilah medisnya infeksi saluran kemih. Penyebab utama dari anyang-anyangan adalah menurunnya kekebalan tubuh seseorang sehingga bakteri mudah masuk ke dalam saluran kemih. Bakteri itu kemudian berkembang biak di saluran kemih bahkan sampai ke kandung kemih. Biasanya penyakit ini cenderung dialami oleh wanita. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kesadaran dalam  menjaga kebersihan organ intimnya sehingga menjadi tempat berkembang biak yang sangat baik bagi kuman dan bakteri. Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah harus ekstra hati-hati dalam menjaga kebersihan diri terutama pada saat menggunakan toilet umum karena toilet umum biasanya kurang terawat kebersihannya.

Bakteri atau kuman yang paling sering mengakibatkan penyakit ini antara lain Escherichia coli atau E. coli, Klebsiella, dan Pseudomonas. Di antara ketiganya, penyebab paling utama adalah E. coli yang ada di mana-mana, termasuk tinja manusia. Gejala penyakit ini pada umumnya adalah sakit dan nyeri menggigit di perut bagian bawah terutama di atas tulang kemaluan serta terasa sakit di akhir kencing dan muncul rasa ingin kencing lagi meskipun sudah dicoba untuk berkemih namun tidak ada air kemih yang keluar.

Tips untuk mengurangi sakit anyang-anyangan dapat dilakukan dengan cara mengoleskan sedikit balsem di sekitar dubur, namun perlu diingat hanya sedikit saja penggunaan balsem ini karena kalau kebanyakan akan menimbulkan rasa panas di kulit. Setelah dioleskan sedikit balsem maka tunggu sampai rasa hangat menjalar di sekitar dubur.Bersamaan dengan rasa hangat tersebut maka sekaligus berkurang pula rasa nyeri /sakit sedikit demi sedikit sehingga terasa lebih nyaman dan lega terutama di daerah saluran kencing.

Tips ini merupakan cara tradisional. Hal yang perlu diingat adalah apabila gejala tidak kunjung berkurang dengan melakukan tips di atas maka harus sesegera mungkin untuk berobat ke dokter agar mendapatkan pengobatan secara intensif. Tips di atas merupakan tips sederhana  dan bersifat darurat  karena bertujuan untuk mengurangi sakit penderita.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit anyang-anyangan ini, diantaranya adalah
  1. Menjaga kebersihan dan kesehatan daerah seputar saluran kencing.
  2. Cara cebok yang benar, yaitu dari depan ke belakang.
  3. Jangan menahan kencing karena kebiasaan ini memungkinkan kuman masuk ke dalam saluran kencing. 
  4. Usahakan untuk buang air seni pada waktu bangun di pagi hari. Buang air seni dapat membantu mengeluarkan bakteri dari kandung kemih yang akan keluar bersama urin. Jarang buang air seni menyebabkan beberapa bakteri mendapat peluang untuk berkembang biak dengan cepat dalam kandung kemih dalam waktu singkat.
  5. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas atau 2,5 liter setiap hari merupakan suatu kewajiban. karena air putih dapat melancarkan air seni dan dapat mencegah timbulnya penyakit infeksi saluran kemih. 
  6. Membersihkan organ intim dengan sabun khusus yang memiliki pH balanced (seimbang) sebab membersihkan dengan air saja tidak cukup bersih.
  7. Ganti selalu pakaian dalam setiap hari, karena bila tidak diganti, bakteri akan berkembang biak secara cepat dalam pakaian dalam. Gunakan pakaian dalam dari bahan katun yang menyerap keringat agar tidak lembab.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.