Minggu, 27 November 2011

Runtuhnya Jembatan Tenggarong atau Jembatan Kutai Kartanegara, Riwayatmu Kini

 
Jembatan Tenggarong yang dibangun mulai tahun 1995 dan selesai pada tahun 2001 ternyata hanya berumur 10 tahun akibat runtuhnya jembatan tersebut pada tanggal 26 Nopember 2011 sekitar pukul 16.30 WITA. Jembatan Tenggarong atau dikenal sebagai Jembatan Kutai Kartanegara yang melintasi Sungai Mahakam di Kalimantan Timur runtuh disaat banyak kendaraan dan orang melintasi jembatan yang menghubungkan Samarinda dan Balikpapan tersebut. Belum diketahui penyebab runtuhnya jembatan namun muncul spekulasi karena sering ditabrak oleh kapal besar yang lalu lalang di bawahnya. Jembatan ini mempunyai panjang 710 meter dimana 270 meter merupakan area tanpa penyangga.
Jembatan Kutai Kartanegara merupakan jembatan kedua yang dibangun melintasi Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda dan dikenal sebagai Golden Gate-nya Kalimantan karena menyerupai jembatan di San Francisco, Amerika Serikat. Jembatan ini dibangun oleh kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut. Dibandingkan dengan jembatan Golden Gate yang sesungguhnya ternyata jembatan Tenggarong tak lebih sebagai jembatan yang hanya berumur jagung padahal jembatan Golden Gate di San Fransisco sampai saat ini masih terbentang kokoh walaupun usianya sudah lebih dari 50 tahun.
Identifikasi dan investigasi akibat runtuhnya jembatan Tenggarong atau jembatan Kutai Kertanegara sedang dilakukan dan untuk mengetahui hasil secara akurat dibutuhkan waktu 1-2 bulan. Menurut ahli bidang konstruksi yaitu mantan Ketua Umum Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) Malkan Amin mengatakan tidak sulit untuk mengidentifikasi penyebab runtuhnya jembatan Tenggarong di Kalimantan Timur ini. Uji laboratorium oleh Puslitbang PU di Bandung akan membuktikan apakah penyebab sesungguhnya runtuhnya jembatan yang baru berumur 10 tahun itu. Kita tunggu saja hasil investigasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.